Kamis, 29 Maret 2012

10 Pertanyaan Kedokteran Yang Tidak Semua Orang Tahu Jawabannya

1. Apakah gula bisa membuat anak hiperaktif?
Spoiler for jawaban:

Tidak. gula memang sumber energi, namun tidak membuat anak-anak hiperaktif. Yang lebih mungkin adalah anak-anak cenderung menyantap makanan bergula pada saat-saat emosi mereka sedang tinggi dan aktif (pesta,liburan, nonton film, dll)

2. Apakah makan cokelat menyebabkan jerawat?
Spoiler for jawaban:

Tidak. tak ada bukti bahwa jerawat disebabkan oleh cokelat. jerawat lebih terkait dengan perubahan hormon ketimbang dengan makanan yang dipilih.University of Pennsylvania maupun U.S Naval Academy sama-sama membuktikan bahwa cokelat tidak menyebabkan jerawat. Di University of Pennsylvania, peneliti memberi para subjek manisan cokelat tanpa kandungan cokelat, sementara sebuah kelompok lain diberi manisan cokelat dengan kandungan cokelat hampir 10x lipat cokelat biasa. Hasil eksperimen menunjukkan tak ada perbedaan signifikan untuk jerawat dalam kedua kelompok.


3. Mengapa kita menangis waktu mengiris bawang?
Spoiler for jawaban:

mengiris bawang melepaskan enzim yg disebut lachrymatoryfactor synthase. enzim ini bereaksi dengan asam amino pada bawang kemudian diubah menjadi asam sulfenat. Asam sulfenat secara spontan membentuk syn-propanethial-S-oxide yang dilepaskan ke udara. ketika sampai di mata, bahan kimia ini merangsang pengeluaran air mata setelah tertangkap serabut saraf kornea yg berfungsi mengaktifkan kelenjar air mata. maka menangislah anda


4. Betulkah wortel meningkatkan ketajaman mata?
Spoiler for jawaban:

tidak juga.mitos tentang wortel berawal dari Perang Dunia II ketika British Royal Air Force mencoba merahasiakan kenyataan bahwa mereka telah mengembangkan sistem radar udara yg canggih untuk menembak pesawat pembom jerman. mereka menyebar cerita bahwa kecermatan pilot-pilot tempur Inggris pada malam hari adalah berkat banyak makan wortel.memang betul wortel kaya beta karoten yg penting untuk penglihatan, tubuh mengubah beta karoten menjadi vit.A, dan kekurangan vit.A yg ekstrim dapat menyebabkan kebutaan. Namun sedikit sekali beta karoten yg diperlukan untuk ketajaman penglihatan. Jika kita tidak kekurangan vit. A, penglihatan kita tidak akan menjadi lebih tajam berapa banyakpun wortel yg kita makan.


5.Mengapa masakan pedas membuat hidung kita meler?
Spoiler for jawaban:

masakan pedas dibuat dengan bahan-bahan cabe yang di dalamnya mengandung zat Capcaisin. Capcaisin diduga merangsang serabut sistem saraf pusat yg mengendalikan kuantitas dan kekentalan lendir dan cairan lain yg disekresi dalam tenggorokan dan kerongkongan. sekadar info, cabe paling pedas sedunia adalah habanero red savina.


6. Apakah kebiasaan membunyikan sendi-sendi jari berakibat buruk?
Spoiler for jawaban:

membunyikan sendi-sendi jari tidak seburuk dugaan banyak orang. yg biasa dicemaskan orang adalah bahwa membunyikan sendi-sendi jari menyebabkan artritis(suatu peradangan pada sendi yg menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan kerusakan sendi). ini tidak benar. keseringan membunyikan sendi-sendi jari mungkin bisa menyebabkan kendurnya jaringan ikat di sekeliling sendi dan melemahnya kekuatan mencengkeram, namun bukan artritis. lalu apa yg membuat sendi-sendi jari bisa berbunyi? bunyi itu dihasilkan ketika gelembung2 dalam cairan pelumas di sekeliling sendi meletus.


7. Mengapa gigi kita bergemeletuk ketika sedang kedinginan?
Spoiler for jawaban:

tubuh biasanya mempertahankan temperatur konstan pada suhu 37' C. Pada temperatur ini sel-sel tubuh menunjukkan kinerja paling baik. Jika temperatur sekitar mengalami perubahan signifikan, maka akan dirasakan bagian tertentu otak yg disebut hipotalamus. Ketika tubuh ikut menjadi terlalu dingin, hipotalamus memberitahu seluruh bagian tubuh yg lain untuk mulai menghangatkan diri, pergerakan otot secara cepat yg berfungsi membangkitkan panas dimulai. Di sekitar mulut, pergerakan otot secara cepat itu terwujud berupa getaran pada rahang bawah.


8. Betulkah penis bisa patah?
Spoiler for jawaban:

Ya.. berat untuk dikatakan, tapi memang benar penis bisa patah. Dalam penis memang tidak ada tulang, tapi anda tetap bisa mengalami patah penis yg disebut penile fracture. Benturan fisik yg berat atau penis yg tertekuk sewaktu sedang ereksi dapat memutus selaput berserat tebal yg melindungi jaringan korpora kavernosum yakni pipa yg menggelembung saat ereksi. Peristiwa paling sering terjadi selama aktifitas seksual. Jangan harap bisa mengobati sendiri cedera ini. Ini termasuk kasus darurat dan memerlukan pembedahan guna mencegah disfungsi ereksi.


9.Apakah mengencingi luka bekas sengatan ubur-ubur bisa menghentikan rasa perihnya?
Spoiler for jawaban:

salah besar
Dalam uji laboratorium, urin, amonia, dan alkohol dapat menyebabkan sel-sel penyengat yg masih aktif melepaskan tembakan-tembakan mereka. Artinya pemakaian bahan-bahan ini berpotensi membuat luka sengatan kecil menjadi besar, maka mengencingi bekas sengatan ubur-ubur sangat konyol dan menyakitkan. Cara mengatasi sengatan ubur-ubur: korban harus menyingkirkan semua tentakel yg kelihatan, jika mungkin pakai sarung tangan. Daerah yg terkena sengatan harus dibilas dengan larutan cuka. Asam cuka dpat menghentikan pengeluaran nematosis (sel-sel penyengat) yg tersisa pada kulit dan harus sebanyak-banyaknya. Jika cuka tidak tersedia, air garam dapat dipakai.


10. Apabila digigit ular berbisa, dapatkah kita menghisap cairan bisanya?
Spoiler for jawaban:

orang yg melakukan itu berarti terlalu banyak nonton film. Menghisap luka gigitan ular selain tidak efektif juga bisa menyebabkan infeksi di daerah luka. Tindakan medis yg tepat sehabis digigit ular adalah:
1.Cuci luka gigitan dengan sabun dan air.
2.Jangan menggerakkan daerah yg digigit ular dan usahakan posisinya lebih rendah dari jantung.
3. cari dokter atau tenaga kesehatan profesional.
Ahli ilmu tentang racun (toksikologi) juga menganjurkan pembebatan yg tidak terlalu kencang di atas luka gigitan supaya racun tidak menyebar. Ini harus dikerjakan hati-hati, sebab bebat itu sendiri dapat menimbulkan masalah jika sampai menutup aliran darah sama sekali. korban gigitan ular sebaiknya dibawa ke rumah sakit supaya diberikan anti venin (penawar racun). perlakuan lain yg akan diberikan meliputi pemberian antibiotika dan pembedahan.
Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8946259
Thanks to agan: Marconi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
>