Jumat, 29 Januari 2010

Meningkatkan Gaji? Kenapa tidak? NIh Tips-nya

Suatu proses yang cukup penting sebelum anda diterima ditempat kerja baru adalah proses negosiasi gaji. Disini sangatlah penting untuk tidak salah langkah. Gaji tinggi tentu itu yang kita inginkan, namun jika gaji anda ditentukan rendah oleh mereka? Wah jangan sampai dhe! Berikut ini beberapa tips ketika anda sudah sampai ke proses negosiasi gaji dengan pihak perusahaan baru.

Pastikan gaji anda berkisar diatas 2 sampai 3 juta dari gaji sebelumnya
Ketika mengisi aplikasi permohonan kerja, pastinya anda ditanya mengenai gaji di perusahaan sebelumnya. Untuk posisi entry level, sepertinya memang tidak begitu banyak harapan dalam hal gaji, namun jika anda sudah mid atau upper management level, trik seperti ini agaknya sangat memungkinkan untuk dilakukan. Sangat penting untuk menambahkan kata NEGOTIABLE, supaya bagian yang menganalisa tahu bahwa permohonan gaji anda masih bisa ditawar.

Pastikan anda mendapatkan KONTRAK tertulis diatas materai
Janganlah anda senang dahulu jika negosiasi telah selesai dan anda mendapatkan gaji yang sesuai dengan keinginan. Pertanyaan anda terakhir kepada perusahaan baru adalah mengenai kontrak. Cobalah untuk tanyakan kontrak tertulis. Sebab jika hanya melalui pembicaraan, tidak ada bukti kuat mengenai gaji yang disetujui. Nanti bisa saja perusahaan tersebut berdalih tidak pernah memberikan anda gaji seperti yang sudah disepakati, melainkan memberikan gaji yang lebih rendah. Karena banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang bisa dibilang “licik” yang memiliki moto “bayar murah tapi kerjanya all-in”

Jangan pernah takut untuk memberikan ANGKA
Hal ini biasa yang sangat sering terjadi, terlalu takut untuk memberikan angka, karena takut aplikasinya langsung diabaikan karena gajinya terlalu tinggi. Hilangkan jauh-jauh pikiran ini. Yah, tentu saja harus realistis, jika kemampuan anda hanya sebatas dasar kemudian anda tuliskan gaji yang wah tentu saja akan diabaikan oleh perusahaan. Ada baiknya anda ukur kemampuan anda, kemudian anda nilai kemampuan anda, dengan demikian anda bisa menjelaskan kepada perusahaan, dengan gaji sedemikian, perusahaan tersebut bisa mendapatkan apa saja dari anda sebagai timbal baliknya.

Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2073379
Thanks to Agan: indahprasasti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
>