Senin, 25 Januari 2010

Yang Unik dari Tubuh Kita


Tahukah Agan?
Quote:
Bahwa dalam sehari, terjadi kebocoran Pembuluh darah kira2 seribu kali di berbagai tempat?
Namun untungya kita mempunya Keping darah atau Trombosit yang senantiasa akan menempel pada pembuluh darah yang berlubang dan menjadi sumbat bagi pembuluh darah yang rusak dan akhirnya menghentikan perdarahan.

Spoiler for Hemostasis:
Quote:
Gambar di atas adalah pembuluh darah.
yang berwarna merah adalah sel darah merah, sedangkan yang berwarna putih-kuning kecil adalah keping darah. perhatikan dinding pembuluhdarah yang robek atau bolong. disitulah keping darah akan menempel dan menyumbatnya
Jika seseorang kekurangan keping darah, proses penyumbatan ini akan terganggu, sehingga proses penyumbatan tidak terjadi dan di kulit akan muncul bintik2 merah (petechiae) akibat kebocoran pembuluh darah seperti yang terjadi pada pasien demam berdarah.

Spoiler for petechiae:

Quote:
Petechia merupakan bintik merah yang kecil (diameternya 1-2 mm)
sedangkan Purpura adalah bintik yang lebih besar (diameter lebih dari 1 cm)

Tahukah Agan?

Quote:
Bahwa jantung kita adalah organ yang bergerak atas otoritas sendiri?
Maksudnya adalah jantung berbeda dengan organ2 yang lain, yang bergerak atas perintah dari otak. Jantung masih mampu bergerak meskipun sudah dipotong sambungannya dari tubuh. Jadi, kalau agan2 lihat di Film, sebuah jantung yang dikeluarkan dari tubuh masih berdetak, itu memang benar2 terjadi!

gak percaya? lihat aja sendiri nih

Spoiler for beating heart:

Quote:
kalo ga muncul TKP!
Kenapa harus seperti itu?
Jantung merupakan salah satu organ paling vital di dalam tubuh yang fungsinya adalah untuk memompa darah. dan gerakan jantung merupakan salah satu gerakan yang paling konstan di dalam tubuh. mungkin kita semua bisa menghentikan nafas kita. tapi jantung? tidak akan bisa! (kecuali agan pertapa sakti ).
Irama jantung yang baik haruslah konsisten. jika tidak, akan mengacaukan kerja seluruh tubuh bagian tubuh kita. karena itu, gerakan jantung tidak diperintah syaraf secara langsung, karena jika syaraf agan terganggu, bisa-bisa irama jantung kacau dan berakibat fatal bagi kehidupan seorang kaskuser

Syaraf dan hormon (contohnya adrenalin) hanya mengubah irama gerak jantung, namun tidak mengendalikan secara langsung.

Jadi siapa yang mengendalikan jantung?

adalah sebuah bagian serat otot jantung khusus yang dinamakan Sinoatrial Node (SA Node) dan Atrioventricular Node (AV Node) serta serat2 bundel of HIS dan Purkinje Fiber.

Spoiler for SA node:


Quote:
Perhatikan garis kuning yang ada di tengah2 jantung. SA Node mampu menghasilkan "Listrik" sendiri dan merangsang serat otot jantung sekitarnya. kemudian listrik tersebut akan mengalir ke AV node dan terus mengalir Hingga Purkinje Fiber.
Kalo agan perhatiin letak SA node, AV node dan purkinje fiber, serta "jalur listriknya", maka agan akan ngerti, kenapa detak jantung seperti animasi di bawah ini.
Spoiler for normal beating heart:

Quote:
detak jantung dimulai dari atas (SA node) -> tengah (AV node) -> samping (purkinje fibers)

dan kenapa harus berdetak dengan pola seperti itu? ada fungsinya tapi g akan ane jelasin krn kepanjangan (kecuali ada agan yg pengen tau )

Tahukah Agan?

Quote:
bahwa di seluruh tubuh kita dipenuhi oleh bakteri yang berpotensi membunuh kita
Ah, TS-nya Le bay!

gak gitu kok gan
sebersih apapun manusia, dia pasti tetap dipenuhi sama bakteri. di kulit ada yang namanya Streptococcus aureus, Staphylococcus epidermidis dll; di mulut ada yang namanya Streptococcus salivarius; di usus besar ada E. Coli; dsb.. kalo agan pengen ngapalin (biar keren ) liat aja di sini

Oke, kalo gitu kenapa sampe sekarang TS-nya masih hidup?

pertama agan liat gambar ini dulu

Spoiler for hematocrit:
agan liat bagian yang warna putih, yang hanya sekitar 1%.
itulah White blood cell (sel darah putih) yang merupakan Pasukan antiteror, angkatan bersenjata, polisi, intel, yang terdapat di dalam tubuh kita. Sel darah putih ini hanya sekitar 1% di dalam tubuh kita (kayak di gambar)

ketika si "penduduk asing" (bakteri, jamur, etc) yang menetap di bagian tubuh kita mengacau, maka pasukan yang satu ini akan membunuh si pengacau, salah satunya adalah dengan cara "memakannya" (atau namanya Phagocytosis)

Spoiler for phagocytosis:

Quote:
yang berwarna kuning tuh bakterinya, sedangkan yang merah adalah salah satu kesatuan elit sel darah putih yang bernama Macrophage
namun jika seorang manusia gagal membentuk sel2 darah putih ini, maka yang terjadi adalah sebagai berikut:
  1. hari pertama akan muncul sariawan dan/atau luka pada gusi
  2. beberapa hari berikutnya akan muncul luka pada usus duabelas jari dan/atau usus besar
  3. dan dalam seminggu, tanpa sel darah putih, manusia akan segera dijemput oleh malaikat kematian alias MATI

kebayang kan? meskipun 1% tapi mereka berjasa melindungi kita dari "kekejaman" si penduduk asing

Spoiler for WBC:

Tahukah Agan?

Quote:
bahwa hati (liver) manusia ketika dipotong menjadi setengah, dia akan tumbuh kembali menjadi liver yang utuh? (kayak ekor cecak )
yup! dengan kemampuan itulah, Liver dapat didonorkan dari orang hidup yang sehat ke orang yang mempunyai penyakit liver yang parah (tekniknya Living Donor liver transpalntation {LDLT}).

Caranya? tentu saja dengan mengambil setengah bagian liver orang yang sehat, kemudian liver yang cuma setengah tersebut, ditanamkan di tubuh si sakit.

Spoiler for LDLT:

Quote:
lihat bagian yan warnanya lebih muda? itu adalah bagian yang akan tumbuh dari liver milik donor
Kenapa bisa gitu?
Liver merupakan salah satu organ yang memiliki kemampuan regenerasi atau perbaikan diri yang paling tinggi. Tidak ada organ lain yang ketika dipotong, dia akan tumbuh kembali seperti semula (meskipun pembuluh darah juga bisa, tapi pembuluh darah bukan termasuk organ).
Fungsi regenerasi ini sangat penting, karena salah satu fungsi Liver adalah untuk menyerap racun2 dalam tubuh. artinya dalam penyerapan racun itu, pastinya banyak sel2 Liver yang mati karena "misi bunuh diri" tersebut.
Karena itulah, regenerasi sangat diperlukan untuk mengganti bagian yang mati.

Kalo ada ungkapan "dia adalah belahan hatiku", mungkin itu karena si "dia" adalah orang yang menerima donor hati(liver)nya


Tahukah Agan?

Quote:
Bahwa Lambung kita menghasilkan zat-zat penghancur yang sangat kuat yang bahkan mampu untuk melubangi kain dan membuat besi berkarat?
Beberapa zat tersebut adalah
  1. HCl yang merupakan salah satu asam kuat yang dapat melubangi kain.
  2. Enzim2 yang mampu mengahancurkan sebuah organ, termasuk lambung itu sendiri.

namun sel2 pelapis lambung dapat menghasilkan lendir yang dapat menangkal efek penghancuran yang dilakukan zat-zat tersebut. selain itu, lambung juga memiliki spinchter (atau sistem katup) yang mengisolasi cairan lambung agar tidak keluar dari daerah lambung dan merusak sel2 yang tidak tahan terhadap cairan lambung yang destruktif.

Spoiler for lambung:

Quote:
stomatch dalam arti harfiah artinya adalah perut, namun di dalam ilmu kedokteran, artinya adalah lambung. setelah dari lambung, asam hidroklorik atau HCl akan terbawa bersama makanan ke duodenum. HCl yang sifatnya asam kuat yang destruktif ini akan dinetralkan oleh zat2 yang dikeluarkan oleh duodenum, sehingga HCl tidak akan merusak usus agan2
Setiap makanan yang kita makan pasti mengandung kuman, sehingga zat2 yang destruktif tadi berperan juga sebagai pembunuh kuman sekaligus pencerna makanan. Kebayang kalo zat2 yang berbahaya namun penolong ini tidak ada, maka setiap agan makan, agan akan terserang sakit perut

Sekian dulu deh trit dari ane, gan

Quote:
Bersyukurlah, karena Tuhan sudah menciptakan tubuh manusia ini dengan fungsi2 yang sangat sempurna
Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3201803
Thanks to Agan: yogifal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
>